Sistem Informasi Kesehatan (SimKes) Puskesmas

Pengertian Sistem Informasi Informasi Kesehatan (SimKes)
Proses pengolahan data kesehatan menjadi informasi yang nantinya akan digunakan untuk penyusunan Laporan dan kegiatan di Puskesmas / Pustu. Puskesmas sebagai institusi pelayanan kesehatan, memiliki kebutuhan-kebutuhan yang unik, berbeda dengan unit pelayanan kesehatan lainnya.
SimKes Dengan dikembangkannya Sistem Informasi Kesehatan (SimKes) Puskesmas yang dapat menyajikan informasi secara cepat, tepat dan dapat dipercaya sehingga informasi yang disajikan puskesmas dapat dipakai untuk pengambilan keputusan di berbagai tingkat sistem kesehatan dan berbagai jenis manajemen kesehatan baik untuk manajemen pasien, unit dan sistem kesehatan sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan Dinas Kesehatan kepada masyarakat. (SimKes) adalah aplikasi yang berupa aplikasi desktop dimana penggunaannya sangat mudah.
Dengan demikian maka pelayanan kesehatan yang diberikan dapat lebih fokus dan spesifik untuk suatu daerah. Hal ini akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi dari kerja puskesmas. Untuk itu perlu ditingkatkan kevalidan data yang terdapat pada masukan input dimana hasil yang diinginkan nantinya dapat terjamin kevalidannya sehingga keputusan yang diambil oleh para pengambil keputusan dapat tepat pada sasaran.

Berikut adalah tampilan awal SimKes



Tujuan Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan (SimKes)
        Puskesmas adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui sistem informasi yang terintegrasi di semua unit pelayanan Puskesmas sehingga dapat meningkatkan kecepatan proses pada pelayanan, mempermudah akses data, pelaporan dan akurasi data sehingga menjadi lebih baik.


Fasilitas SimKes Antara Lain :
Pelayanan LOKET :
Loket mendaftar data pasien dan di input  ke Register Kunjungan harian
A.  Penyimpaan:
- Data Kepala Keluarga
- Data Anggota Keluarga
- Data Register Kunjungan
B.  Laporan :
- Print KTPK (Kartu Tanda Pengenal Keluatga)
- Laporan Data Register Kunjungan Harian (Umum, Jamkesmas, Askes, Jamkesda dan SPM)
- Laporan Kunjungan Jamkesmas
- Laporan Kunjungan Mingguan, Bulanan dan Tahunan 
- Laporan ICD 10 dan Laporan ICD Lain

Pelayanan BP, KIA dan Gigi:
Unit pelayanan BP, KIA dan Gigi memdapat kiriman input data kunjungan yang telah di daftarkan melalui loket pendaftaran
A.  Penyimpaan:
- Data ICD (Diagnosa)
- Memilih Nama Diagnosa
- Diagnosa dan Pengobatan Pasien
B.  Laporan :
- Lapotan Les Pasien (History Diagnosa dan Obat)
C.  Lain-lain
- Data Obat (Nama-nama obat) 
- Kiriman Kunjungan dari Loket

Pelayanan APOTEK:
Apotek memdapat kiriman input data resep obat untuk pasien dari BP, KIA dan Gigi
A.  Penyimpaan:
- Data Resep Obat Pasien (PKD, Bufeer, Askes dll)
B.  Laporan :
- Lapotan Penggunaan Obat (Puskesmas dan Pustu)
- Ketersediaan Obat Untuk Pustu

GUDANG:
Gudang menginput data Obat masuk dan Keluar
A.  Penyimpaan:
- Memasukkan Nama-nama Obat
- Data Obat Masuk
- Data Obat Keluar untuk Apotek
- Data Pengeluaran Obar Expired Date dan Penggunaan Luar Gedung
B.  Laporan :
- Lapotan LPLPO (Laporan Penggunaan dan Pengeluaran Obat)
- Laporan Ketersediaan Obat di gudang

PUSTU / POLINDES:
Input data Pustu Polindes
A.  Penyimpaan:
- Data Kepala Keluarga
- Data Anggota Keluarga
- Data Register Kunjungan
- Data ICD (Diagnosa)
- Memilih Nama Diagnosa
- Diagnosa dan Pengobatan Pasien
- Data Pengeluaran Obar Expired Date dan Penggunaan Luar Gedung
B.  Laporan :
- Lapotan Penggunaan Obat (Puskesmas dan Pustu)
- Laporan Ketersediaan Obat di Pustu 
- Lapotan LPLPO (Laporan Penggunaan dan Pengeluaran Obat)

 

0 komentar:

Posting Komentar